Rabu, 19 Agustus 2009

SEKILAS PERJALANAN STM IMNI JAKARTA



Sebelum tahun 1993 nama IMNI dikenal sebagai singkatan dari "Institut Manajemen Newport Internasional" dimana pada saat itu IMNI masih menyelenggrakan Program MASTER BUSINESS ADMINISTRATION (MBA) dengan berkolaborasi dengan Newport International University USA.
Sejak diberlakukannya Program MAGISTER MANAJEMEN sebagai program pascasarjana Strata 2 (setara MBA) yang mendapat legalitas pelaksanaannya di Indonesia, maka sejak 1993 IMNI menyesuaikan dengan mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen IMNI. Terlihat disini terjadi perubahan status menjadi Sekolah Tinggi Manajemen (catatan: bukan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen).


A l a m a t awal di : Jl. Teuku Cik Ditiro II/5, Menteng, Jakarta 10350
dipimpin oleh: H.A. Salim Rangkuti, SE
Sejarah Singkat, Tanggal Berdiri: Maret 1987, dimana Pendiri : Yayasan Pendidikan Gapura Baru Sejahtera
Sekolah Tinggi Manajemen IMNI didirikan Maret 1987 oleh Yayasan Pendidikan Gapura Baru Sejahtera. Kiprahnya dimulai dengan nama Institut Manajemen Newport Indonesia sesuai dengan mitra afiliasi mereka di Amerika yaitu Newport University, California, AS. Kini, setelah program MBA ditiadakan, Sekolah Tinggi Manajemen IMNI hanya menyelenggarakan program MM, yang gelar akademiknya bisa didapat setelah melewati proses pendidikan pasca sarjana Magister Manajemen di jurusan Manajemen yang memiliki empat konsentrasi, yakni Keuangan, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Produksi dan Operasi dan terus berkembang dengan beragam konsentrasi seperti saat ini. Pada bulan Oktober 2005, STM IMNI membuka peluang pula untuk program S1/Manajemen dengan konsentrasi Pemasaran, Keuangan dan Perbankan, Produksi, SDM. Juga dibuka S1- Akuntansi.
STM IMNI diselenggarakan oleh Yayasan Gapura Baru Sejahtera (YGPS) pada awal berdiri berkantor di Jl. Citditiro Menteng Jakarta. Ketua Pertama sekaligus pendiri adalah : Salim Rangkuti dengan pembina pada saat itu adalah Solihin GP. Sejak tahun 1993 Ijin Dikti yang diperoleh adalah Program pascasarjana Magister Manajemen, dimana pada awalnya meliputi konsentrasi manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen keuangan dan manajemen sumber daya manusia.

Sejak akhir tahun 2005, keberadaan STM IMNI beralih kepemilikan Yayasan kepada Dr. Fransiskus Senduk. Kampus IMNI yang baru (masih menjadi tenant) di Bidakara Jl. Gatot Subroto menandai awal perjalanan manajemen baru yang diawaki oleh beberapa orang SDM seperti: Ruano Senduk,MM. Suhermin,MM, Dr. Miftah Wirahadikusuma, Taufik Alwi,MM, Nurlaili Khamsah,SS, Fatma,AMd., Ahmad Daniel,ST,

Wisuda Perdana di Hotel Kaisar Jakarta(awal 2006) pasca perubahan manajemen dinilai sukses.

Beberapa Nama yang sempat berada di struktural STM IMNI:

Tahun 1993. Ketua : H.A.Salim Rangkuti,SE
Tahun 2005. Ketua: Dr. Ir. Fransiskus Senduk,MM
Direktur PPS : Melany Methasari, SE,MM
Tahun 2007. Ketua: Dr.Ir. Fransiskus Senduk, MM
Direktur PPS: Prof.Dr. Arifin Sitio, MSi

Tahun 2008. Ketua : Prof. Dr. Soejoedonorojo,SH, MM
Puket I : Dr. Taufiq Rahman, SH,MM
Direktur PPS: Prof. Dr. Arifin Sitio

Tahun 2009. Ketua : Dr. Taufiq Rahman, SH, MM
Puket I: Roli Senduk, SE,MM
Puket II: Maltus Sitorus, SE,MM
Direktur PPS : Yuliati, SH, MM


Ragam rintangan dan kendala terkadang datang, namun dijadikan tantangan dalam pembenahan manajemen yang lebih handal di masa depan, dengan mengedepankan customer service.

Adapun Lokasi Kampus STM IMNI pernah berada di:

1. Kampus Cit Ditiro 
2. Kampus Bidakara 
3. Kampus Menara Cipete Fatmawati 
4. Kampus Menara Saidah 
5. Kampus PKPRI Gunung Sahari 
6. Kampus IMNI Gedung Ganeca Jl. Raya Pasar Minggu 234E 
7. Kampus IMNI Jl. Pinangranti No. 49 Pondok Gede Jakarta Timur 

Beberapa Karyawan/Karyawati yang pernah berkiprah di STM IMNI pasca perubahan Manajemen dari Kepemilikan Yayasan a.n. Salim Rangkuti ke Dr. Frans Senduk:
1. Nurlaili Khomsah,S.S.
2. Fatmawati, A.Md.
3. Dr. Miftah Wirahadikusumah
4. Ahmad Daniel
5. Wiwid
6. Indra
7. Sony
8. Nina
9. Fauzan
10. Fatimah
11. Nurning
12. Ansyari
13. Ninok
14. Vivin
15. Amir

STM IMNI termasuk salah satu PTS yang mampu meraih pangsa pasar program Passarjana dengan jumlah yang cukup besar terutama di Kopertis III. Karena tinggi antusiasme dan permintaan peminatan/konsentrasi yang ditawarkan oleh STM IMNI, menyebabkan tingginya upaya merespon permintaan pasar melalui pembentukan "kelompok-kelompok Belajar" yang secara kewilayahan berada di luar wilayah Kopertis III Jakarta. STM IMNI, diakui atau tidak adalah pelopor yang berani membuka berbagai "pilihan Konsentrasi" program pascasarjana Magister Manajemen di Indonesia.yang saat ini banyak ditiru oleh penyelenggara program Magister Manajamen baik Negeri maupun swasta.

5 komentar:

  1. semoga berkembang untuk SDM nusa bangsa yang berkualitas!

    BalasHapus
  2. Buat Almek: Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya,
    salam sukses buat SDM Indonesia

    BalasHapus
  3. Bisa tau alamat email atau no telepon IMNI sekarang?
    saya adalah lulusan pertama IMNI yang wisuda di Newport. CA

    BalasHapus
  4. Sekarang STM IMNI masih beroperasi ??. Mohon dibantu.

    BalasHapus
  5. Berusahalah terus STM IMNI Jakarta dan PTS mitra, krn teknologi informasi yg ada saat ini memungkinkan utk membuka kls jarak jauh utk Paskah Sarjana tdk perlu tatap muka sprt siswa
    pendasmen yg hrs tatap muka. Sy adlh mantan mhsw S2 thn 2007. Maju terus STM IMNI JKT.

    BalasHapus